Selasa, 06 Oktober 2015

Teknologi IOS, Konsep - Arsitektur - Tools IOS


  1.   Pengertian IOS ?








iOS adalah sistem operasi perangkat genggam dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple, Inc. yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple, Inc, tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain.

Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam. Di akhir tahun 2010, iOS memiliki mangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia .

Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking.


Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

Perkembangan IOS

iPhone OS 1 – Kontrol Sentuh, Entertaiment dan Internet
Sejarah Apple i Phone OS di mul ai pada i Phone OS 1. Apa yang membuat iPhone OS 1 ini terlihat spesial . User interface yang diusung ini benarbenar di rancang untuk pengoperasian multitouch dan iPhone generasi pertama memiliki layar sentuh kapasitif sebesar 3.5 inci yang lebih cepat dan lebih intuitif pada pengoperasian dibandingkan kompetitor lainnya. Perangkat ini juga menawarkan pengal aman menjel ajah internet jauh lebih baik dan mencakup semua fitur iPod didalamnya. Perangkat ini masih belum sempurna, karena perangkat ini tidak memilki 3G, tidak ada wireless iTunes syncing, tidak memiliki slot kartu memori eksternal , dan tidak ada stereo Bluetooth. Namun kekurangan ini tidak menghambat perangkat ini mendapatkan penghargaan terbaik dari para pengguna diluar

iPhone OS 2
Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008. App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu. Meskipun device yang menggunakan OS ini masih Iphone dan Ipod. iOS ini dirilis pada Juli 2008 dan telah melakukan peng-update-an sebanyak dua kali yaitu yang pertama iOS versi 2.1 pada september 2008 dan yang kedua iOS versi 2.2 pada November 2008.

     iPhone OS 3
Banyak dan banyak fitur kecil yang disematkan untuk membuat pengal aman mengeksplorasi iPhone menjadi lebih menyenangkan pada i Phone 3GS yang mengusung iPhone OS generasi keti ga. Tampilan pada perangkat ini lebih halus dan intuitif . Para pengguna akan mendapatkan push notifications untuk aplikasi pihak ketiga, parental controls, tap to focus pada kamera, pencari an universal dengan sorotan, dan cut, copy, paste untuk perangkat l ayar sentuh. Ada juga pilihan untuk membel i film, acara TV, dan buku langsung dari i Tunes pada i Phone atau i Pod Touch

    iPhone OS 3.2 – The iPad
Pada saat sistem operasi ini diluncurkan, sudah saatnya perangkat baru dan besar muncul ke pasaran, dan itu berarti memiliki tampilan antar muka yang baru dan desain aplikasi agar cocok dengan layar yang lebih besar. Perangkat ini bukan hanya sekedar pembesaran piksel, panel tambahan dan daftar sidebar diperkenalkan untuk membuat lebih banyak menggunakan layar yang besar. Ini adalah fragmentasi pertama dalam platform iOS, seperti iOS 3.2 dan update nya hanya dikhususkan untuk iPad.

    iPhone OS 4.0 – Multitasking, FaceTime dan Folder
Bersamaan dengan munculnya iPhone 4 yang mana merupakan generasi iPhone pertama yang membawa layar Retina, iOS 4 mengatakan bahwa mereka membawa “100” fitur baru ke dalamnya. Ada FaceTime untuk video call, folder untuk mengatur aplikasi, universal spell check, unified email, dan headliner - multitasking. Interpretasi Apple tentang multitasking itu tidak sama dengan Google, tapi iOS 4 menawarkan cukup fitur untuk melawan tantangan dari platform Android dengan cepat.

     iPhone OS 4.0.1 ke 4.3 – 
“ Antennagate,” Game Center, dan AirPlay Itu hanya sebulan sebelum update pertama diluncurkan untuk mengatasi masalah "antennagate" dan empat update yang mengikuti selama beberapa bulan ke depan. iOS 4.1 memperkenalkan Game Center, AirPlay muncul dalam 4.2.1, dan akhirnya personal hotspots untuk berbagi konektivitas 3G melalu W-Fi, AirPlay untuk aplikasi pihak ketiga, dan iTunes Home Sharing untuk akses Wi-Fi untuk semua konten iTunes di iOS 4.3.

  iPhone OS 5.0 – 
Siri, wireless sync, dan iCloud Platform iOS 5 dan iPhone 4S adalah rilis penting untuk Apple, sementara Android telah membuat keuntungan yang serius di pasar smartphone. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Apple dari perangkatnya ini untuk menarik fungsionalitas yang besar yang terinspirasi oleh pesaing utamanya. Notifications Center dirombak besar-besaran, aplikasi iMessage, aktivasi nirkabel, sinkronisasi iTunes melalui Wi-Fi, dan update over-the-air. Perubahan terbesar yang mengubah penggunaan smartphone adalah Siri, asisten suara pribadi yang mampu mengubah dunia smartphone menjadi lebih menarik.

iPhone OS 6
Satu tahun yang lalu di Apple WorlWide Developers Conference (WWDC), iOS 6.0 diresmikan pada Juni 2012. Sistem operasi ini seperti biasanya memperkenalkan beberapa perbaikan dan beberapa fitur baru, tetapi berita besar dari semua ini adalah Apple Maps dan didepaknya Google Maps sebagai layanan navigasi default dan Youtube. Mungkin agak ambisius, dan berbagai kekurangan dan kesalahan pada Apple Maps, mendorong permintaan maaf dari CEO, Tim Cook. Namun tidak semuanya bermasalah, iOS 6.0 membawa perangkat tambahan untuk Siri dan Notification Center, bersama dengan FaceTime melalui selular, integrasi Facebook, dan metode pembayaran tebraru menggunakan Passbook. iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil. Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan kelebihan dan kekurangan iOS 6 itu sendiri. Kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad dengan penambahan fitur yang sangat menonjol antara lain:
 Facebook Integretion

Di iOS 6 Facebook sudah terintegrasi dengan upload foto ke Facebook secara langsung dari camera, share lokasi kita berada ke Facebook dengan menggunakan Apple Maps, serta tampilan Contact yang lebih lengkap dengan terintergrasinya profile teman dengan contact. Dengan adanya intergrasi ini, semua hari ulang tahun teman Facebook akan ada di Calender iPhone atau iPad kita. Fitur Facebook Integration ini sudah lebih dulu digunakan di Blackberry Contact.
 VIP Inbox Mail

Tambahan menu VIP di inbox mail, yang berguna untuk mengelompokkan contact dan beserta pesan emailnya. Pengelompokan pesan mail ini berguna untuk mengelompokkan email yang wajib baca dan email sampah (junk/ spam). Kini fasilitas VIP Inboox Mail ini sudah langsung tertanam secara default pada iOS 6.

Peningkatan Kemampuan siri
Siri yang merupakan asisten pribadi cerdas dan aplikasi interaksi percakapan untuk pengingat , cuaca, saham, pesan, email, kalender , kontak, catatan, musik, jam, web browser, Wolfram Alpha, dan peta, kini di iOS 6 ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan Siri di iOS 5. Pencarian lokal Siri dan pencarian restoran telah menghapus Asia dari dalam daftar, dan menambahkan kemampuan Siri untuk memperlihatkan jadwal pemutaran film hanya bisa diakses dari AS, Kanada dan Inggris. Selain itu, fitur Siri kali ini juga memiliki kemampuan dengan bahasa lain, seperti Mandarin dan Korea.
 Do Not Distrub

Fungsi do not disturb ini merupakan hal yang baru bagi para pengguna iPhone,tapi di OS lainnya fitur ini bukan merupakan hal baru lagi. Fitur ‘Do Not Disturb’ berfungsi sebagai penolak panggilan telepon saat pengguna meeting atau tidak ingin diganggu. Selain itu pengguna juga bisa mengirim SMS otomatis kepada orang yang menelpon yang menerangkan jika ia sedang sibuk atau tidak mau diganggu.
 Face Time

Fitur FaceTime adalah aplikasi video calling/ video telepon yang melalui protokol milik Apple. Di iOS versi sebelumnya, fitur FaceTime hanya bisa digunakan melalui koneksi Wi-Fi. Tapi sekarang di iOS 6 ini, fitur FaceTime dapat dilakukan lewat koneksi 3G dan 4G. Dengan kemampuan FaceTime yang dapat melalui koneksi 3G dan 4G ini sekarang pemakai perangkat iOS 6 tidak perlu lagi mencari koneksi Wi-Fi.

Passbook
Aplikasi Passbook yang sedolah-olah sebagai dompet penyimpanan dimana pengguna bisa menyimpan berbagai hal mulai dari tiket, kartu diskon hingga boarding pass agar dapat dilacak. dengan adanya Passbook ini kini jika berpergian pengguna iOS 6 tidak perlu lagi repot untuk

    iPhone OS 7
Pada perhelatan WWDC September 2013, Jony Ive memperkenalkan tampilan yang sama sekali baru untuk platform iOS. Dari tampilan ikon yang disederhanakan, desain yang datar dengan palet berwarna biru, latar belakang animasi, dan efek mendalam pada wallpaper ketika anda memiringkan iPhone. Fitur baru termasuk Control Center (Pengaturan Cepat), Multitasking untuk semua aplikasi, pembaruan Safari, pembaruan siri, AirDrop untuk berbagai konten, update Kamera dengan built-in filter, aplikasi baru Photo yang mengatur foto berdasarkan lokasi atau tanggal, aplikasi update otomatis, dan integrasi dengan mobil.
Fitur-fitur pada iOS 7 yaitu :
 User interface

baru Fitur baru iOS7 yang pertama adalah dari segi desain. Secara keseluruhan tampilan iOS7 sangat berbeda dari versi-versi sebelumnya, perubahan desain terjadi secara menyeluruh dari tampilan icon sampai dengan jenis font yang digunakan. Bahkan ‘slide to unlock’ juga sekarang tampil minimalis dengan hanya berupa tulisan saja. iOS7 juga menggunakan Parallax sebagai gambar backgroundnya
 Smart multitasking

Fitur baru iOS7 selanjutnya adalah Multi tasking tray pada versi iOS sebelumnya kini dihilangkan dan diganti dengan multitasking berbentuk thumbnail yang menggambarkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Multitasking ini dapat anda aktifkan dengan menyentuh tombol

   iPhone 8
MacRumors telah berhasil memperlihatkan beberapa fitur baru iOS 8 yang tersembunyi dan belum Anda sadari. Dimana sangat terlihat jelas bahwa iOS 8 akan memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan iOS 7. Pertama, iPhone yang sudah menggunakan iOS 8 akan memiliki fitur pengiriman lokasi terakhir yang diketahui Apple sebelum baterai habis. Sehingga dari hal ini fitur tersebut bisa membantu Anda jika iPhone Anda hilang atau bahwa jika sesuatu yang butuk menimpa Anda. Kedua, Integrasi Shazam yang akan membantu Siri dalam mengidentifikasi lagu yang Anda dengarkan. Ketiga, adanya fitur baru mengenai kemampuan memindai nomor kartu kredit melalui browser Safari mobile di iPhone Anda. Keempat, sebuah fitur yang membantu Anda untuk menyembunyikan foto atau video yang cukup rahasia. Dimana untuk menyembunyikan itu semua Anda tidak perlu menghapusnya dari album. Kelima, fitur yang cukup menguntungkan apabila Anda setiap harinya bisa menemukan jaringan WiFi. Karena iOS 8 akan mendukung panggilan telepon dengan menggunakan WiFi. Keenam, opsi pengaturan baru yang akan membebaskan Anda untuk mengetahui aplikasi mana yang memakan konsumsi baterai paling banyak di iPhone Anda.
iOS 8 adalah rilis terbesar bagi para pengembang sejak diperkenalkannya App Store. Sistem operasi ini membuka area baru iOS, memungkinkan para pengembang memperluas jangkauan konten dan fungsi aplikasi mereka. Sistem operasi ini menyertakan lebih dari 4000 API baru untuk memungkinkan fitur dan kemampuan yang mengagumkan. Serta menawarkan teknologi baru yang berani untuk pengembangan game. Semuanya berarti pengembang menciptakan aplikasi dan game baru yang menarik yang memungkinkan Anda melakukan berbagai hal yang tak bisa Anda lakukan sebelumnya

Konsep Management Sistem Operasi IOS

ARSITEKTURE IOS

Arsitektur IOS mirip dengan arsitektur dasar yang ditemukan di Mac OS X. Pada tingkat tertinggi IOS bertindak sebagai perantara antara hardware yang mendasari dan aplikasi yang muncul di layar, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1-1.   

Aplikasi Anda membuat jarang berbicara dengan perangkat keras yang mendasarinya langsung. Sebaliknya, aplikasi untuk berkomunikasi denganperangkat keras melalui serangkaian interface sistem yang jelas yang melindungiaplikasi Anda dari perubahan hardware. Abstraksi ini membuat mudah untuk menulisaplikasi yang bekerja secara konsisten pada perangkat dengan kemampuanhardware yang berbeda.


Penerapan teknologi IOS dapat dipandang sebagai seperangkat lapisan, seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini. Pada lapisan bawah sistem ini adalah pelayanandasar dan teknologi di mana semua aplikasi yang mengandalkan; tingkat yang lebih tinggi layer berisi layanan yang lebih canggih dan teknologi.




Cocoa Touch Layer
Lapisan Cocoa Touch berisi kunci kerangka kerja untuk membangun aplikasi IOS.Lapisan ini mendefinisikan infrastruktur aplikasi dasar dan dukungan untuk teknologikunci seperti multitasking, input berbasis sentuhan, pemberitahuan mendorong, dan banyak tingkat tinggi layanan sistem. Banyak kerangka dalam lapisan Cocoa Touch berisi pengendali tampilan untuk mempresentasikan sistem antarmuka standar.
High -Level Fitur
  • Block Objects
  • Grand Central Dispatch
  • In-App Purchase
  • SQLite
  • XML Support
iOS Management Data
  • Core Data
Data Core menyediakan kerangka model data yang fleksibel dan kuat untuk membangun sumur-faktor aplikasi Kakao berdasarkan Model-View-Controller(MVC) pola. Data Core menyediakan data untuk keperluan umum solusimanajemen dikembangkan untuk menangani data model kebutuhan setiapjenis aplikasi, besar atau kecil. Anda dapat membangun apa saja dari aplikasimenghubungi-manajemen untuk program ilustrasi vector-art di atasnya. Langitadalah batas. Data Core memungkinkan Anda dengan cepat menentukan model dataaplikasi anda dengan cara grafis dan mudah mengaksesnya dari kode Anda.Ini menyediakan infrastruktur untuk menangani fungsi umum sepertimenyimpan, memulihkan, undo dan redo, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan dengan tugas membangun inovasi dalam aplikasi Anda.Karena Core data menggunakan built-in data perpustakaan SQLite tidak perluuntuk menginstal sistem database yang terpisah.
  • SQLite
iOS termasuk perpustakaan SQLite populer, mesin ringan namunkuat database relasional yang mudah tertanam ke aplikasi. Digunakan dalamaplikasi yang tak terhitung di banyak platform, SQLite dianggap sebagaistandar industri de facto untuk pemrograman database SQL ringan tertanam.Berbeda dengan kerangka Data berorientasi objek Core, SQLitemenggunakan, prosedural SQL-API terfokus untuk memanipulasi tabel datasecara langsung.
  • XML File
File XML menyediakan format yang terstruktur ringan bahwa aplikasi Anda dengan mudah dapat membaca dan menulis. Plus file XML dengan mudah masuk ke dalam sistem file IOS. Simpan aplikasi pengaturan dan preferensipengguna di built in database Default User. Ini menyimpan data berbasis XML termasuk API sederhana dengan fitur canggih, termasuk kemampuan untukserialize dan mengembalikan objek kompleks pada permintaan


Programming/Tool IOS

Hal - hal yang harus di persiapkan untuk Pemrograman IOS :
- Mempunyai basic pemrogaman yaitu bahasa c dan lebih baik lagi kalau ada mengetahui dan memahami bahasa objective -c. karena iOs menggunakaan bahasa Objective C.
   
 - Memiliki perangkat dari apple yaitu macbook atau imac atau macmini. Karena untuk                          memprogramming iOs aplikasinya (xCode + iOs SDK), hanya bisa jalan di os Mac
    
Setelah itu tentu aplikasi untuk programmingnya yaitu “XCode dan iOs SDK” bisa                               didownload disitus apple dan tentu saja gratis.


DAFTAR PUSTAKA

-  shidiksaragih.wordpress.com " Konsep Management Sistem Operasi IOS"

- Aulia Nugrah Saputra (2015). "Makalah Sistem Operasi Iphone OS"

- Widianto, w. (2014). "Sistem Informasi Layanan Grafis untuk Idevice Berbasis Web", Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
 

1 komentar:

  1. mantap jiwa ini min
    siap min, makasih banyak info yang bermanfaatnya ,. sukses terus solder temperatur

    BalasHapus